Pengukuran dan Evaluasi Kinerja Atas Pelaksanaan RKA BPKAD Kota Bekasi TA 2015

Oleh: Chairul Ilham Sutiawan (*)

Berikut adalah sebuah analisis berdasarkan buah pemikiran pribadi penulis sebagai sebuah tugas perkuliahan pada STIA LAN Jakarta jurusan Ilmu Administrasi konsentrasi Manajemen Keuangan Negara. Sehingga tulisan ini tidak mewakili instansi, kelompok atau golongan tertentu.

A. DATA

1. Pagu Anggaran (PA) Tahun 2015

Pagu Anggaran Tahun 2015 sebesar Rp 84.336.239.600,00

2. Realisasi Anggaran (RA) Tahun 2015

Realisasi Anggaran Tahun 2015 sebesar Rp 76.174.515.015,00

3. Rencana Penarikan Dana (RPD) Bulanan dan Realisasi Anggaran (RA) Bulanan Tahun 2015

Bulan
RPD
RPD Kumulatif
Realisasi Anggaran
Januari
6,500,000,000.00
6,500,000,000.00
-
Februari
6,500,000,000.00
13,000,000,000.00
5,000,000,000.00
Maret
6,500,000,000.00
19,500,000,000.00
9,000,000,000.00
April
6,500,000,000.00
26,000,000,000.00
13,000,000,000.00
Mei
7,000,000,000.00
33,000,000,000.00
25,000,000,000.00
Juni
7,000,000,000.00
40,000,000,000.00
33,000,000,000.00
Juli
7,000,000,000.00
47,000,000,000.00
38,000,000,000.00
Agustus
7,000,000,000.00
54,000,000,000.00
44,000,000,000.00
September
7,000,000,000.00
61,000,000,000.00
50,000,000,000.00
Oktober
7,500,000,000.00
68,500,000,000.00
61,000,000,000.00
November
7,500,000,000.00
76,000,000,000.00
67,000,000,000.00
Desember
8,336,239,600.00
84,336,239,600.00
76,174,515,015.00

RPD Bulanan
=
Realisasi Anggaran Bulanan
X 100 %
RPD Kumulatif Bulanan

Jadi :
Bulan
Tingkat Penyerapan
Per Bulan (%)
Bulan
Tingkat Penyerapan
Per Bulan (%)
Januari
-
Juli
80.85
Februari
38.46
Agustus
81.48
Maret
46.15
September
81.97
April
50.00
Oktober
89.05
Mei
75.76
November
88.16
Juni
82.50
Desember
90.32
∑ Tingkat Penyerapan Per Bulanan
804,70

4. Realisasi Volume Keluaran (RVK) dan Target Volume Keluaran (TVK) Tahun 2015

Keluaran
Volume
Target (TVK)
Realisasi (RVK)
1.       Terselenggaranya pelayanan Administrasi perkantoran
16
16
2.       Terselenggaranya sarana dan prasarana aparatur
5
5
3.       Terselenggaranya peningkatan disiplin aparatur
4
4
4.       Terselenggaranya kapasitas sumber daya aparatur
1
1
5.       Terselenggaranya peningkatan pengembangan
       sistem pelaporan capaian kinerja dan keuangan
4
4
6.       Tersusunnya dokumen RENJA BPKAD Tahun 2016 (dokumen)
1
1
7.       Prosentase Ketepatan Waktu Penetapan  APBD
80
64
8.       Tersedianya sarana dan prasarana aparatur yang memadai
13
12

5. Pagu Anggaran Keluaran (PAK) dan Realisasi Anggaran (RAK) Tahun 2015

Keluaran
Volume
Anggaran
Target (TVK)
Realisasi (RVK)
Pagu (PAK)
Realisasi (RAK)
1.       Terselenggaranya pelayanan
Administrasi perkantoran
16
16
      5,137,127,750.00
      4,024,560,495.00
2.       Terselenggaranya sarana
dan prasarana aparatur
5
5
      1,174,566,000.00
         706,086,129.00
3.       Terselenggaranya peningkatan
disiplin aparatur
4
4
         439,102,250.00
         309,467,000.00
4.       Terselenggaranya kapasitas
sumber daya aparatur
1
1
         326,000,000.00
         180,871,525.00
5.       Terselenggaranya peningkatan
Pengembangan sistem pelaporan
capaian kinerja dan keuangan
4
4
         232,270,000.00
         147,246,000.00
6.       Tersusunnya dokumen RENJA BPKAD
Tahun 2016 (dokumen)
1
1
            50,000,000.00
            48,590,000.00
7.       Prosentase Ketepatan
Waktu Penetapan  APBD
80
64
   12,973,028,800.00
      9,812,180,650.00
8.       Tersedianya sarana dan prasarana
aparatur yang memadai
13
12
   64,004,144,800.00
   60,945,513,216.00

6. Target dan Realisasi Indikator Kinerja Utama Tahun 2015

Indikator Kinerja Utama
Target
(IKU)
Realisasi
(IKU)
1.       Terselenggaranya pelayanan
100
100
Administrasi perkantoran
2.       Terselenggaranya sarana
100
100
dan prasarana aparatur
3.       Terselenggaranya peningkatan
100
100
disiplin aparatur
4.       Terselenggaranya kapasitas
100
100
sumber daya aparatur
5.       Terselenggaranya peningkatan
100
100
Pengembangan sistem pelaporan
capaian kinerja dan keuangan
6.       Tersusunnya dokumen RENJA BPKAD Tahun 2016 (dokumen)
100
100
7.       Prosentase Ketepatan
100
80
Waktu Penetapan  APBD
8.       Tersedianya sarana dan prasarana
100
92
aparatur yang memadai

7.Aspek Implementasi (WI) dan Aspek Manfaat (WCH)

Aspek Implementasi (WI)
=
33,3 %
a)      WP
=
9,7 %
b)      WK
=
18,2 %
c)      WPK
=
43,5 %
d)      WE
=
28,6 %
Aspek Manfaat (WCH)
=
66,7 %

B.ANALISIS DATA

1.Penyerapan Anggaran (P)

P
=
RA
X 100%
PA




P
=
Rp 76.174.515.015,00
X 100%
Rp 84.336.239.600,00




P
=
0,9032
X 100 %
P
=
90,32 %

Jadi, Penyerapan Anggaran sebesar 90,32 %

2. Konsistensi (K)

K
=
∑ Tingkat Penyerapan Per Bulanan

n




K
=
804,70

12
K
=
67,06 %


Jadi, Pengukuran Konsistensi sebesar 67,06 %

3. Pencapaian Keluaran (PK)

PK
=
∑ (RVK/TVK 1+ RVK/TVK 2+ RVK/TVK …+ RVK/TVK 8) X 100 %

n




PK
=
((16/16) + (5/5) + (4/4) + (1/1) + (4/4) + (1/1) + (64/80) + (12/13)) X 100 %

12




PK
=
(1+1+1+1+1+1+0,80+0,92) X 100 %

12





PK
=
7,72 X 100 %

12









PK
=
772,30

12





PK
=
96,53 %

Jadi, Pencapaian Keluaran sebesar 96,53 %

4. Efisisensi (E) dan Nilai Efisiensi (NE)

Efisiensi (E):
E
=
∑ ((1-(RAK1/RVK1)/(PAK1/TVK1)) + (1-(RAK2/RVK2)/(PAK2/TVK2)) + (1-(RAK…/RVK…) /(PAK…/TVK…)) + (1-(RAK8/RVK8)/(PAK8/TVK8)) X 100 %

n




E
=
((1-((4,024,560,495.00/16)/(5,137,127,750.00/16)))+(1-(706,086,129.00/5)/ (1,174,566,000.00/5)))+(1-(309,467,000.00/4)/(439,102,250.00/4)))+(1-(180,871,525.00/1)/(326,000,000.00/1)))+(1-(147,246,000.00/4)/(232,270,000.00/4))) +(1-(48,590,000.00/1)/(50,000,000.00/1)))+(1-(9,812,180,650.00/64)/ (12,973,028,800.00/80)))+(1-(60,945,513,216.00/12)/(64,004,144,800.00/13)))
X 100 %
8



E
=
(0,22 + 0,40 + 0,30 + 0,45 + 0,37 + 0,03 + 0,05 - 0,03) X 100 %

8





E
=
1,77

8





E
=
0,22 %

Jadi, Efisiensi sebesar 0,22 %

Sedangkan, nilai Efisiensi (NE):
NE
=
50 % + (
E
X 50 )
20





NE
=
50 % + (
0,22
X 50 )
20





NE
=
50 % + (0,011 X 50 )
NE
=
50 % + 0,55
NE
=
50,55 %



Jadi, Nilai Efisiensi sebesar 50,55 %

5.Aspek Manfaat atau Capaian Hasil (CH)

CH
=
∑ (Target IKU/Realisasi IKU) X 100 %

n




CH
=
(100/100)+ (100/100)+ (100/100)+ (100/100)+ (100/100)+ (100/100)+ (80/100)+ (92/100) X 100 %
8




CH
=
7,72 % X 100 %

8





CH
=
96,54 %

Jadi, Capaian Hasil atau Aspek Manfaat sebesar 96,54 %

6.Nilai Aspek Implementasi (I)

I
=
(P X WP) + (K X WK) + (PK X WPK) + (NE X WE)

=
(90,32 % X 9,7 %) + (67,06 % X 18,2 %) + (96,53 % X 43,5 %) + (50,55 % X 28.6 %)

=
77,41 %
Jadi, Nilai Aspek Implementasi sebesar 77,41 %

7.Nilai Kinerja (NK)

NK
=
(I X WI) + (CH X WCH)

=
(77,41 % X 33,3 %) + (96,54 % X 66,7 %)

=
90,16 %
Jadi, Nilai Kinerja sebesar 90,16 %

C. KESIMPULAN

Hasil analisis pengukuran kinerja dan evaluasi pada Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Kota Bekasi Tahun Anggaran 2015 berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 249/PMK.02/2011 Tanggal 28 Desember 2011 dengan Nilai Kinerja 90,16 % yang berarti berskala Sangat Baik. Hal tersebut selengkapnya dapat dilihat sebagai berikut :

D. REFERENSI

  • Laporan Realisasi Kinerja Dan Keuangan Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Kota Bekasi Per 31 Desember 2015.
  • Peraturan Menteri Keuangan Nomor 249/PMK.02/2011 tentang Pengukuran dan Evaluasi Kinerja Atas Pelaksanaan Rencana Kerja Dan Anggaran Kementrian Negara/Lembaga Tanggal 28 Desember 2011.
***

(*) Saat artikel ini ditulis pada bulan Mei 2016, penulis adalah Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Bidang Akuntansi BPKAD Kota Bekasi. Tulisan ini telah disunting oleh M. Arafat Imam G.
“Menulis untuk menyebarkan kebaikan, menabur optimisme sebagai bagian dari pendidikan bagi anak bangsa”
Pengukuran dan Evaluasi Kinerja Atas Pelaksanaan RKA BPKAD Kota Bekasi TA 2015 Pengukuran dan Evaluasi Kinerja Atas Pelaksanaan RKA BPKAD Kota Bekasi TA 2015 Reviewed by Santana Primaraya on 7:32:00 PM Rating: 5

1 comment:

  1. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 2.000.000
    • SMA = Rp. 3.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    ReplyDelete

Powered by Blogger.